Studi Mengatakan, Setelah Liburan Kita Jadi Lebih Mudah Stress.. Kenapa Ya?

Saat stress melanda karena kesibukan yang begitu padat, hal pertama yang biasa kita pikirkan atau orang sarankan untuk mengatasi stress tersebut adalah pergi berlibur. Ya.

Tapi, berlibur ternyata tak sepenuhnya dapat membebaskan kita dari perasaan stress itu lho, Ladies. Seperti disebutkan dalam laman lifehacker.com, sebuah studi yang dilakukan di Radboud University mengungkapkan bahwa berlibur justru dapat mengakibatkan stress yang lebih kepada kita.

Hal ini berkaitan dengan perencanaan liburan dan sebagainya yang memberikan kita tekanan untuk merancang sebaik mungkin liburan dengan waktu dan budget yang terbatas. Dengan ini saja, liburan ternyata membawa lebih banyak stress daripada kebahagiaan yang diekspektasikan. (Wah!)

Selain itu, studi lain yang dimuat dalam jurnal Applied Research in Quality of Life, mengungkapkan bahwa setelah liburan itu terjadi, kebahagiaan yang dirasakan selama liburan menurun dengan cepat untuk sebagian besar orang. “Mereka tidak lebih bahagia dibandingkan orang-orang yang tidak melakukan liburan,” tutur Jeroen Nawjin, pemimpin riset yang merupakan Dosen Penelitian Pariwisata di Breda University of Applied Sciences.

Penurunan kebahagiaan seseorang pasca liburan ini dipengaruhi oleh tingkat rileks dan tingkat stress mereka selama masa liburan berlangsung. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa responden dari riset tersebut baru merasa bahagia pasca liburan ketika mereka benar-benar rileks selama liburan. Tingkat kebahagiaan pada level sangat rileks ini pun nyatanya hanya bertahan selama dua minggu setelah liburan.

Sementara, mereka yang hanya merasakan rileks pada level tetap, ternyata tingkat kebahagiaannya justru menurun setelah masa liburan berakhir. Sedangkan mereka yang merasa liburannya bermasalah, justru pulang dengan membawa stress yang lebih tinggi dibandingkan saat sebelum liburan.

Informasi yang ada pada blog ini merupakan artikel yang diambil dari beberapa situs wanita, situs kecantikan dan situs kesehatan, dengan maksud untuk menyebarkan informasi ini lebih luas agar dapat dimanfaatkan oleh para wanita Indonesia.

Comments

comments

About Wira Nuradli

Wira adalah sapaan akrabnya dalam dunia online, Kelahiran Palembang pada bulan Juli tahun 1969. Sejak kecil di kalangan teman-temannya ia dikenal sebagai pribadi yang pendiam. Mulai mengenai blogging pada sekitar tahun 2000-an. Aktif sebagai salah satu karyawan di perusahaan swasta. Sudah beberapa bisnis online diikuti, dan semua berakhir tanpa bekas, sampai akhirnya menemukan bisnis produk kesehatan pasutri (www.bisnisviaonline.com) yang bisa dikerjakan tanpa mengganggu aktifitas sebagai karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Scroll To Top